UJIAN KOMPREHENSIF UNTUK MENGUKUR KELUASAN WAWASAN  MAHASISWA STAI DDI PAREPARE

Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Dakwah Wal-Irsyad (STAI DDI) Kota Parepare melaksanakan Ujian Komprehensif, Sabtu, 05-06-2021. Ujian dilaksanakan di Kampus STAI DDI Kota Parepare Sulawei Selatan, meskipun dalam situasi pandemi yang masih berlangsung saat ini, kegiatan ujian ini dilaksanakan dengan sangat mematuhi protokol Kesehatan antara lain, memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan atau menggunakan Sanitizer.

Sebanyak 31 Mahasiswa mengikuti ujian komprehensif, adapun Bidang Ujian yang diujikan kepada mahasiswa ada 3 yaitu Bidang Dirasah Islamiyah, Bidang Ilmu Pendidikan Islam, dan Bidang Metodologi Pendidikan Islam.

Dosen penguji sebanyak 8 orang yaitu pada bidang Dirasah Islamiyah diujikan oleh Drs. H. Abd.Rahman Fasih, M.Ag, dan Dr. A. Nurkidam, M.Hum. Sedangkan pada bidang Metodologi Pendidikan Islam diujikan oleh Dr. Muh. Djunaidi, M.Ag, Drs. Abd Rauf Ibrahim, M.Si. dan Ali Rahman, S.Ag., MPd. Adapun di Bidang Ilmu Pendidikan Islam diujikan oleh Dr. Muhammad Idrsi Usman, S.Ag., MA, dan Drs. Abd. Rahman K., M.Pd.

Ketua Panitia Ujian Komprehensif, Putri Dewi, S.Pd.I, M.Pd mengatakan, Ujian Komprehensif adalah ujian yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa dalam bidang keilmuan dan untuk mengukur juga kemampuan berpikir mahasiswa secara interdisipliner sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Skripsi (Thesis).

“selain itu ujian ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana tingkat keluasan wawasan para mahasiswa” terang Putri Dewi

Ketua STAI DDI Parepare  Bapak Dr. Muh. Djunaidi , M. Ag. Yang turut serta sebagai tim penguji memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk semangat dan mempersiapkan diri dan berdoa supaya ujian yang dilaksanakan bisa berjalan lancar dan meraih hasil yang memuaskan.

Sebagai informasi penting yang harus diketahui bahwa Ujian komprehensif ini  adalah ujian yang dilakukan secara lisan yang harus diikuti oleh mahasiswa setelah lulus seluruh mata kuliah, kecuali Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ujian Komprehensif dilaksanakan sebelum ujian skripsi (munaqasah) di hadapan majelis sidang. Ujian dimaksud untuk mengevaluasi penguasaan mahasiswa terhadap keilmuan keislaman, dan program studi masing-masing. Materi ujian meliputi membaca kitab, hafalan surat pilihan, hafalan surat pendek, praktek amalan dan mata kuliah pokok program studi masing-masing. Ujian komprehensif dilaksanakan agar ada standar keilmuan yang dikuasai oleh mahasiswa sebelum melanjutkan ke tahap ujian skripsi (munaqasah). Sehingga mahasiswa yang lulus dari STAI DDI Parepare memiliki kemampuan yang sama dalam bidang yang dipersyaratkan.

Dengan pelaksanaan ujian komprehensif dapat mengukur capaian pembelajaran baik capaian di tingkat Fakultas, Program Studi atau capaian yang bersifat khusus sebagai identitas Perguruan Tinggi. Dengan demikian pelaksanaan ujian komprehensif akan terus ditata dan disosialisasikan kepada semua civitas akademik yang ada berada di lingkungan STAI DDI  Parepare.